Mata Uang Kripto menjadi salah satu sumber penghasilan

Mau Investasi Bitcoin? Ikuti 5 Langkah Ini!

Justru karena unsur-unsur itulah penyebabnya orang-orang mau berinvestasi pada BTC dan semacamnya. Kalau tidak ada spekulasi dan faktor selisih harga, TIDAK AKAN MUNGKIN ADA ORANG YANG MAU BERINVESTASI. Nilai tukar antara uang fiat dan aset crypto ditetapkan berdasar saat terjadinya deal akad, dan bukan saat diterimanya salah satu harga dan barang di waktu mendatang. Oleh karena sudah mendapat ijin, maka pada dasarnya aktifitas melakukan trading di pasar berjangka terhadap aset crypto, hukumnya adalah boleh.

Satu bulan pasca fatwa Darul Ifta Al-Azhar, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan eleven catatan tentang mata uang kripto Bitcoin. Di antaranya, MUI menjelaskan bahwa Bitcoin memiliki dua hukum terpisah, yaitu mubah dan haram. Hukum mubah diberlakukan jika Bitcoin digunakan hanya sebagai alat tukar bagi dua pihak yang saling menerima. Sementara itu hukum haram diberlakukan jika Bitcoin digunakan sebagai investasi. Namun Bitcoin sebagai investasi hukumnya adalah haram karena hanya alat spekulasi bukan untuk investasi, hanya alat permainan untung rugi buka bisnis yang menghasilkan.

Nah, cryptocurrency di pasaran berjangka ini menyerupai jual beli munabadzah, karena harga saat memutuskan deal dengan harga jadi dipengaruhi oleh kecepatan respon sistem. Dan setiap jeda detik respon sistem menunjukkan aktifitas harga yang berbeda. Sekali lagi, hukum ini berlaku untuk transaksi pertukarannya di pasaran berjangka. Adapun bila dilakukan pada pasar spot , peer to peer, jaringan ke jaringan, hukumnya adalah boleh disebabkan kepastian harga tukarnya.

Pembayaran zakat semakin berkembang di era digital saat ini, Masjid Shackwell Lane di Hackney, London, Inggris menerima pembayaran zakat dalam bentuk lain di luar uang tunai yaitu berupa mata uang kripto seperti Bitcoin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami penggunaan bitcoin sebagai alat pem­baya­ran zakat yang sah dan sesuai dengan hukum Islam atau tidak, dalam arti tidak ada hal-hal yang menyimpang dari prinsip hukum Islam itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu tipe penelitian yuridis norma­tif. Bitcoin dapat dikatakan haram karena mengandung unsur gharar dan tidak dapat digunakan sebagai pembayaran zakat.

Layanan di Exchange adalah untuk beli, jual, simpan dan switch aset kripto. Exchange tidak melakukan jual beli, perannya hanya menjadi tempat perantara dan akan memungut sejumlah charge, seperti charge jual beli dan penarikkan uang. Investasi cryptocurrency dilakukan dengan membeli dan menjual aset di pasar crypto.

Sementara itu, dia memperkirakan, uang yang sudah ditarik pemilik modal besar atau big cash dari Bitcoin akan ditempatkan di beberapa instrumen, di antaranya saham. Peserta yang ikut dalam aktifitas sewa alat tambang ini, selanjutnya ditugaskan untuk mencari anggota dengan menyetorkan sejumlah uang tertentu yang besarannya hingga jutaan rupiah. Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia itu mengatakan Bitcoin saat ini sebagai investasi tidak memiliki jaminan bisa ditukar kapanpun. Kemudian, jika terdapat permasalahan menggunakan Bitcoin pengguna tidak bisa melakukan komplain sehingga berpotensi dirugikan. “Kalau digunakan untuk menghasilkan yang halal maka produknya bisa tetap halal,” jelasnya. Selain membahas keuntungan, ternyata banyak netizen yang bertanya soal apakah Bitcoin itu haram atau halal.

Transaksi mata uang digital yang spekulatif dapat menimbulkan resiko penggelembungan nilai yang tidak hanya merugikan investor namun juga berpotensi mengganggu stabilitas sistem keuangan. Bank Indonesia menegaskan bahwa virtual forex termasuk bitcoin tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah, sehingga dilarang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia. Namun, Ulama muda jebolan Al-Azhar Kairo itu cenderung akan menghindari pemakaian mata uang kripto lantaran fungsi mata uang kripto belum diakui oleh negara sebagai alat tukar, timbangan, juga komoditas. Selain itu, jika Anda ingin berinvestasi saham syariah tanpa memiliki literasi keuangan mengenai pasar modal, reksa dana saham syariah menjadi pilihan yang cocok.

Karena untuk menjaga market cap butuh kepercayaan dari market,” saran Oscar saat menyampaikan materi mengenai crypto outlook 2021. Selanjutnya Ether, koin utama untuk jaringan blockchain Ethereum, juga turun tajam dan menembus di bawah USD2.000 pada level tertentu, untuk menandai penurunan lebih dari 40% dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Dan inti dari gharar adalah adanya jahalah yang menyebabkan adanya mukhatharah (spekulasi, untung-untungan), baik pada barang maupun harga barang. Jika anda ekspor barang ke eropa, bisa jadi anda tidak akan bersedia ketika anda dibayar menggunakan bitcoin, ketika anda tidak menganggap bahwa itu sesuatu yang berharga.

Apakah Crypto halal?

Mata uang fiat yang saat ini tidak berjamin cadangan emas, memiliki legalitas manfaat, dikarenakan ia bisa dipergunakan sebagai alat tukar yang sah dalam perdagangan dan resmi diakui oleh bank sentral negara. Nilai tukarnya ditentukan oleh tingkat kepercayaan pasar bahwa dalam setiap lembar mata uang kertas, terdapat suatu aset yang dijamin keberadaannya. Aset tersebut tidak harus berbentuk logam mulia, seperti emas dan perak, akan tetapi bisa berupa tembaga atau bahan dasar dari mata uang logam atau berbentuk sumberdaya yang lain yang ditetapkan oleh negara.